SITUS INI MASIH KAMI KEMBANGKAN

TIPS KERJA : 8 CARA MENJADI SEKRETARIS PROFESSIONAL YANG DAPAT DI ANDALKAN

TIPS KERJA : 8 CARA MENJADI SEKRETARIS PROFESSIONAL YANG DAPAT DI ANDALKAN

Lowongan Kerja PerdetikApa yang anda bayangkan ketika anda mendengar kata sekretaris? Ketika anda mendengarkan kata sekretaris pastinya kebanyakan orang membayangkan seorang perkerja wanita yang cantik dengan penampilan yang rapi, cerdas dan juga mandiri yang berkerja dikantor dengan membawa beberapa perlengkapan kerja seperti map, surat-surat penting dan dokumen kerja milik atasannya.

Benar sekali jika anda berpikir demikian, karena profesi sebagai sekretaris pada umumnya memang berkerja untuk membantu tugas-tugas atasannya. Oleh karena itu, menjadi seorang sekretaris tidak hanya berwajah cantik akan tetapi juga harus professional dalam berkerja agar atasannya mampu mengandalkannya di setiap waktu ketika berhadapan dengan perkerjaan.

Posisi sekretaris sangatlah penting pada sebuah perusahaan karena sekretaris memiliki nilai plus bagi atasannya karena tanpa adanya sekretaris maka pimpinan perusahaan akan sulit fokus pada perkerjaan-perkerjaan besar karena banyak hal yang dia pikirkan, oleh karena itu dengan adanya sekretaris maka dia dapat menangani keperluan-keperluan kecil lainnya seperti masalah waktu, agenda pertemuan, kelengkapan-kelengkapan surat ataupun dokumen lainnya yang diperlukan oleh pimpinannya.

Maka dari itu, untuk menjadi seorang sekretaris maka haruslah anda menjadi professional dan tidak hanya wanita cantik saja, akan tetapi sekretaris pria juga haruslah demikian karena menjadi sekretaris memiliki tanggung jawab besar terhadap atasannya yang memimpin perusahaan. Untuk itu, di bawah ini kami berikan beberapa tips kepada anda baik yang sudah menjadi sekretaris ataupun yang ingin menjadi seorang sekretaris pada sebuah perusahaan maupun perkantoran.

Memiliki kepribadian yang baik dan menarik
Menjadi seorang sekretaris yang professional maka haruslah anda bersikap baik kepada semua orang, bersikap ramah, murah senyum dan bertanggung jawab penuh terhadap semua tugas yang dikerjakannnya. Tidak hanya itu saja, sekretaris juga harus bisa bersikap baik dan ramah kepada semua kawan kerja sekantor dan juga kepada relasinya hingga dia terlihat menarik pada semua orang.

Memiliki etika
Kenapa harus memiliki etika? Karena etika dapat memperlihatkan perilaku seseorang, jika kita memiliki etika yang baik maka kita akan terlihat baik pada semua orang. Etika tidak hanya harus dimiliki oleh seorang sekretaris melainkan etika juga harus dimiliki oleh semua orang karena etika yang baik dapat berpengaruh besar terhadap pergaulan, baik ketika bergaul dengan sesama rekan kerja ataupun bergaul dengan orang lain, jika seorang sekretaris mampu menunjukkan etika yang baik maka juga akan berpengaruh kepada citra perusahaan.

Pandai berbicara di depan publik
Ini merupakan salah satu poin dan kemampuan yang benar-benar harus dimiliki oleh seorang sekretaris, karena seorang sekretaris tidak hanya harus mengerjakan tugas-tugas laporan, pembukuan, membuat agenda dan lainnya, tapi seorang sekretaris juga harus mampu berbicara dan menguasai bahasa yang baik ketika berhadapan dengan publik disaat atasan atau pimpinannya tidak ditempat atau harus mampu menggantikan atasannya, apakah itu untuk presentasi ataupun ketika saat melakukan meeting.

Mampu membawa nama baik perusahaan
Tanggung jawab besar terhadap sebuah perusahaan adalah pada pemimpin perusahaan, baik atau tidaknya nama perusahaan tersebut sangatlah bergantung kepada pimpinannya. Maka dari itu, tugas anda sebagai seorang sekretaris yang menjadi tangan kanannya bos atau pemimpin perusahaan tempat anda berkerja maka anda juga harus mampu membawa nama baik atau citra perusahaan dihadapan perusahaan-perusahaan lain sebagaimana yang dilakukan oleh pimpinan anda.

Mengerti teknologi
Sudah tidak asing lagi, teknologi memang sudah menjadi tren di zaman yang serba moderen seperti saat ini. Tidak hanya seorang sekretaris, hampir semua orang yang hidup pada zaman yang canggih ini harus bisa yang namanya teknologi meskipun tidak bisa menguasainya sampai 100%. Kenapa demikian? Karena pada saat ini kita semua berkerja hampir semuanya menggunakan teknologi. Maka dari itu, seorang sekretaris juga di tuntun untuk menguasai teknologi karena dengan mengusai teknologi maka akan ada banyak sekali informasi yang didapat, mulai dari ide untuk melakukan suatu perkerjaan sampai dengan mengetahui perkembangan pasar dan juga tingkat persaingan. Dengan mengakses jaringan internet maka hampir semua yang kita ingin ketahui sudah tersedia.

Tidak hanya itu saja, surat menyuratpun kita dapat mengirim dan membukanya dengan cepat hanya dengan membuka sebuah layanan seperti email dan lainnya. Sangat aneh sekali jika seorang sekretaris tidak bisa membuka dan mengirim sebuah surat ataupun pesan lewat sebuah email.

Mengerti tentang accounting dan pembukuan
Sangat aneh sekali jika seorang sekretaris tidak mengerti soal accounting dan pembukuan ini, karena yang namanya sekretaris sangat identik sekali dengan ke dua permasalahan tersebut, jika anda tidak mengerti tentang accounting dan pembukuan maka jangan pernah anda berharap bisa menjadi seorang sekretaris yang professional.

Karena tugas sekretaris juga harus bisa mengatur keuangan dan pembukuan terhadap laporan-laporan keuangan perusahaan dan lainnya. Sebenarnya, tugas mengatur keuangan perusahaan adalah tugasnya bendahara atau bagian keuangan di perusahaan tersebut, tapi tidak tertutup kemungkinan bahwa seorang sekretaris juga harus melakukannya karena seorang sekretaris merupakan orang yang sangat dipercayai oleh pimpinan perusahaan.

Menguasai bahasa asing
Menguasai bahasa asing sangatlah penting, karena anda sebagai seorang sekretaris tidak hanya akan berhadapan dengan orang-orang disekitar lingkungan perusahaan tempat anda berkerja, akan tetapi anda juga akan berhadapan dengan pemilik-pemilik perusahaan lain yang mungkin karyawan ataupun pimpinannya adalah orang asing, jika anda tidak dapat menguasai bahasa asing terutama sekali bahasa inggris bagaimana anda akan berhadapan dengan klien anda karena anda tidak mengerti bahasanya. Ataupun mungkin pimpinan anda akan menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan-perusahan di luar negeri yang memang menuntut anda untuk berbicara bahasa asing, jika anda tidak menguasainya maka apa yang akan anda lakukan jika disaat situasi sedang seprti itu? Apakah anda akan diam saja? Itu sangat tidak mungkin karena anda adalah sekretaris professional.

Pandai menjaga rahasia
Menjadi seorang sekretaris professioanal tidak hanya banyak bicara dan pandai bicara saja, akan tetapi ada kalanya anda harus bisa tutup mulup untuk menjaga setiap rahasia perusahaan. Karena anda seorang sekretaris yang merupakan tangan kanan atasan atau pimpinan perusahaan maka tidak tertutup kemungkinan pimpinan anda akan menceritakan segala sesuatu yang menjadi rahasia perusahaan kepada anda karena anda merupakan orang kepercayaannya, maka dari itu jadilah sekretaris yang pandai menjaga rahasia perusahaan sehingga anda dapat dianggap professional dalam berkerja.

Itulah beberapa tips dari saya untuk anda yang ingin menjadi seorang sekretaris yang professional yang dapat diandalkan oleh atasan anda, nasib perusahaan tempat anda berkerja juga sangat bergantung kepada anda. Maka dari itu, untuk menjadi seorang sekretaris haruslah anda mempunya nilai lebih dari orang-orang disekitar tempat anda berkerja karena anda memiliki posisi yang sangat penting terhadap perusahaan dimana anda berkerja. Sudah siapkah anda menjadi seorang sekretaris yang professional...?

Jangan lupa klik G+1, Like, Tweet dan Share sebagai rasa terimakasih ya...?

Donasi Untuk Kami Via Pulsa 0823-1646-3094 Tidak Menerima Telpon dan SMS
Jika Anda menyukai informasi di blog Lowongan Kerja Per Detik, Silahkan masukkan email anda pada kolom Berlangganan Loker dibawah tulisan ini dan kami akan mengirimkan loker terbaru ke email anda.
Tag : Tips Kerja
Back To Top