Lowongan Kerja Perdetik – Apa
yang anda bayangkan ketika anda mendengar kata sekretaris? Ketika anda
mendengarkan kata sekretaris pastinya kebanyakan orang membayangkan seorang perkerja
wanita yang cantik dengan penampilan yang rapi, cerdas dan juga mandiri yang
berkerja dikantor dengan membawa beberapa perlengkapan kerja seperti map,
surat-surat penting dan dokumen kerja milik atasannya.
Benar sekali jika anda berpikir demikian, karena profesi sebagai
sekretaris pada umumnya memang berkerja untuk membantu tugas-tugas atasannya.
Oleh karena itu, menjadi seorang sekretaris tidak hanya berwajah cantik akan
tetapi juga harus professional dalam berkerja agar atasannya mampu mengandalkannya
di setiap waktu ketika berhadapan dengan perkerjaan.
Posisi sekretaris sangatlah penting pada sebuah perusahaan karena
sekretaris memiliki nilai plus bagi atasannya karena tanpa adanya sekretaris
maka pimpinan perusahaan akan sulit fokus pada perkerjaan-perkerjaan besar
karena banyak hal yang dia pikirkan, oleh karena itu dengan adanya sekretaris
maka dia dapat menangani keperluan-keperluan kecil lainnya seperti masalah
waktu, agenda pertemuan, kelengkapan-kelengkapan surat ataupun dokumen lainnya
yang diperlukan oleh pimpinannya.
Maka dari itu, untuk menjadi seorang sekretaris maka haruslah anda
menjadi professional dan tidak hanya wanita cantik saja, akan tetapi sekretaris
pria juga haruslah demikian karena menjadi sekretaris memiliki tanggung jawab besar
terhadap atasannya yang memimpin perusahaan. Untuk itu, di bawah ini kami
berikan beberapa tips kepada anda baik yang sudah menjadi sekretaris ataupun
yang ingin menjadi seorang sekretaris pada sebuah perusahaan maupun
perkantoran.
Memiliki kepribadian yang baik
dan menarik
Menjadi seorang sekretaris yang professional maka haruslah anda
bersikap baik kepada semua orang, bersikap ramah, murah senyum dan bertanggung
jawab penuh terhadap semua tugas yang dikerjakannnya. Tidak hanya itu saja,
sekretaris juga harus bisa bersikap baik dan ramah kepada semua kawan kerja
sekantor dan juga kepada relasinya hingga dia terlihat menarik pada semua
orang.
Memiliki etika
Kenapa harus memiliki etika? Karena etika dapat memperlihatkan perilaku
seseorang, jika kita memiliki etika yang baik maka kita akan terlihat baik pada
semua orang. Etika tidak hanya harus dimiliki oleh seorang sekretaris melainkan
etika juga harus dimiliki oleh semua orang karena etika yang baik dapat
berpengaruh besar terhadap pergaulan, baik ketika bergaul dengan sesama rekan
kerja ataupun bergaul dengan orang lain, jika seorang sekretaris mampu
menunjukkan etika yang baik maka juga akan berpengaruh kepada citra perusahaan.
Pandai berbicara di depan publik
Ini merupakan salah satu poin dan kemampuan yang benar-benar harus
dimiliki oleh seorang sekretaris, karena seorang sekretaris tidak hanya harus
mengerjakan tugas-tugas laporan, pembukuan, membuat agenda dan lainnya, tapi
seorang sekretaris juga harus mampu berbicara dan menguasai bahasa yang baik
ketika berhadapan dengan publik disaat atasan atau pimpinannya tidak ditempat
atau harus mampu menggantikan atasannya, apakah itu untuk presentasi ataupun
ketika saat melakukan meeting.
Mampu membawa nama baik
perusahaan
Tanggung jawab besar terhadap sebuah perusahaan adalah pada pemimpin
perusahaan, baik atau tidaknya nama perusahaan tersebut sangatlah bergantung
kepada pimpinannya. Maka dari itu, tugas anda sebagai seorang sekretaris yang
menjadi tangan kanannya bos atau pemimpin perusahaan tempat anda berkerja maka
anda juga harus mampu membawa nama baik atau citra perusahaan dihadapan
perusahaan-perusahaan lain sebagaimana yang dilakukan oleh pimpinan anda.
Mengerti teknologi
Sudah tidak asing lagi, teknologi memang sudah menjadi tren di zaman
yang serba moderen seperti saat ini. Tidak hanya seorang sekretaris, hampir
semua orang yang hidup pada zaman yang canggih ini harus bisa yang namanya
teknologi meskipun tidak bisa menguasainya sampai 100%. Kenapa demikian? Karena
pada saat ini kita semua berkerja hampir semuanya menggunakan teknologi. Maka dari
itu, seorang sekretaris juga di tuntun untuk menguasai teknologi karena dengan
mengusai teknologi maka akan ada banyak sekali informasi yang didapat, mulai
dari ide untuk melakukan suatu perkerjaan sampai dengan mengetahui perkembangan
pasar dan juga tingkat persaingan. Dengan mengakses jaringan internet maka
hampir semua yang kita ingin ketahui sudah tersedia.
Tidak hanya itu saja, surat menyuratpun kita dapat mengirim dan membukanya
dengan cepat hanya dengan membuka sebuah layanan seperti email dan lainnya. Sangat
aneh sekali jika seorang sekretaris tidak bisa membuka dan mengirim sebuah
surat ataupun pesan lewat sebuah email.
Mengerti tentang accounting dan
pembukuan
Sangat aneh sekali jika seorang sekretaris tidak mengerti soal
accounting dan pembukuan ini, karena yang namanya sekretaris sangat identik sekali
dengan ke dua permasalahan tersebut, jika anda tidak mengerti tentang
accounting dan pembukuan maka jangan pernah anda berharap bisa menjadi seorang
sekretaris yang professional.
Karena tugas sekretaris juga harus bisa mengatur keuangan dan pembukuan
terhadap laporan-laporan keuangan perusahaan dan lainnya. Sebenarnya, tugas
mengatur keuangan perusahaan adalah tugasnya bendahara atau bagian keuangan di
perusahaan tersebut, tapi tidak tertutup kemungkinan bahwa seorang sekretaris
juga harus melakukannya karena seorang sekretaris merupakan orang yang sangat
dipercayai oleh pimpinan perusahaan.
Menguasai bahasa asing
Menguasai bahasa asing sangatlah penting, karena anda sebagai seorang
sekretaris tidak hanya akan berhadapan dengan orang-orang disekitar lingkungan
perusahaan tempat anda berkerja, akan tetapi anda juga akan berhadapan dengan
pemilik-pemilik perusahaan lain yang mungkin karyawan ataupun pimpinannya
adalah orang asing, jika anda tidak dapat menguasai bahasa asing terutama
sekali bahasa inggris bagaimana anda akan berhadapan dengan klien anda karena
anda tidak mengerti bahasanya. Ataupun mungkin pimpinan anda akan menjalin
hubungan kerjasama dengan perusahaan-perusahan di luar negeri yang memang
menuntut anda untuk berbicara bahasa asing, jika anda tidak menguasainya maka
apa yang akan anda lakukan jika disaat situasi sedang seprti itu? Apakah anda
akan diam saja? Itu sangat tidak mungkin karena anda adalah sekretaris
professional.
Pandai menjaga rahasia
Menjadi seorang sekretaris professioanal tidak hanya banyak bicara dan
pandai bicara saja, akan tetapi ada kalanya anda harus bisa tutup mulup untuk
menjaga setiap rahasia perusahaan. Karena anda seorang sekretaris yang
merupakan tangan kanan atasan atau pimpinan perusahaan maka tidak tertutup
kemungkinan pimpinan anda akan menceritakan segala sesuatu yang menjadi rahasia
perusahaan kepada anda karena anda merupakan orang kepercayaannya, maka dari
itu jadilah sekretaris yang pandai menjaga rahasia perusahaan sehingga anda
dapat dianggap professional dalam berkerja.
Itulah beberapa tips dari saya untuk anda yang ingin menjadi seorang
sekretaris yang professional yang dapat diandalkan oleh atasan anda, nasib
perusahaan tempat anda berkerja juga sangat bergantung kepada anda. Maka dari
itu, untuk menjadi seorang sekretaris haruslah anda mempunya nilai lebih dari
orang-orang disekitar tempat anda berkerja karena anda memiliki posisi yang
sangat penting terhadap perusahaan dimana anda berkerja. Sudah siapkah anda
menjadi seorang sekretaris yang professional...?
Jangan lupa klik G+1, Like, Tweet dan Share sebagai ucapan terimakasih
Tag :
Tips Kerja